MENU

Halaman

Jumat, 05 Desember 2014

Minyak Zaitun Berkhasiat Untuk Melindungi Otak

Ekstrak zaitun kaya hidroksitirosol dapat melindungi neuron di otak dari kerusakan normal yang terkait dengan penuaan, menunjukkan sebuah studi baru.
Hidroksitirosol ditemukan untuk melindungi sel-sel otak dari efek merusak dari stres oksidatif bila terkena ion besi, dan mungkin menawarkan bahan neuroprotective untuk memperlambat penurunan kinerja kognitif yang terjadi secara alami dengan usia, demikian temuan yang disiarkan di Farmakologi Penelitian.
Hidroksitirosol dianggap senyawa antioksidan utama dalam buah zaitun, dan diyakini memainkan peran penting dalam banyak manfaat kesehatan dikaitkan dengan minyak zaitun. Penelitian sebelumnya telah mengaitkan senyawa untuk manfaat kardiovaskular, dengan penurunan LDL atau kolesterol ‘buruk’. Data juga menunjukkan senyawa tersebut dapat meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko terhadap degenerasi makula.
Para peneliti dari University of Frankfurt menggunakan bahan Genosa I + D’s Hytolive , dan temuannya disambut oleh perusahaan Spanyol. Dalam email dengan NutraIngredients-USA, Genosa Carlos Peña mengatakan: “Ini adalah studi kedua yang menegaskan aktivitas perlindungan neuro-Hytolive, dengan melindungi dan mencegah neuron dan otak dari kerusakan yang berhubungan dengan penyakit degeneratif.
“Dalam studi sebelumnya itu menunjukkan bahwa Hytolive dilindungi sel-sel otak dipisahkan (in vitro dan ex-vivo) setelah pemberian oral subkronis. Studi kedua ini telah mengkonfirmasi bahwa prinsip aktif hidroksitirosol alami. Ini berarti bahwa efek sitoprotektif dalam sel PC12 (model kultur sel saraf seperti yang umum digunakan) kemungkinan karena saat hidroksitirosol di Hytolive dan bukan kombinasi dari senyawa, “tambah Peña.
Rincian penelitian
Para ilmuwan yang berbasis di Frankfurt menguji keampuhan ekstrak kaya hidroksitirosol in vitro pada sel terkena kedua oksidatif atau stres nitrosative. Sel terkena bahan-kaya hydroxytyrosol dan kemudian mengalami stres.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa minyak zaitun mengurangi sel merusak efek dari stres oksidatif dan nitrosative dengan cara tergantung dosis, dengan dosis yang lebih tinggi memberikan peningkatan perlindungan.
Selain itu, efek tampaknya berhubungan dengan hydroxytyrosol-konten ekstrak, kata para peneliti.
“Sehubungan dengan hydroxytyrosol, penggabungan menjadi LDL yang diangkut ke dalam otak, mungkin menyediakan rute fisiologis untuk hidroksitirosol untuk memasuki sel-sel otak,” tambah para peneliti.
Sumber: Penelitian Farmakologi
Diterbitkan online sebelum cetak, doi: 10,1016 / j.phrs.2010.06.004
Pharmacological Research”Cytoprotective effects of olive mill waste water extract and its main constituent hydroxytyrosol in PC12 cells”
Authors: S. Schaffer, W.E. Muller, G.P. Eckert

0 komentar:

Posting Komentar